Senin, 21 Juni 2010

Membuat Sistem informasi Perpusatakaan

Perpustakaan sekolah adalah suatu tempat dimana para siswa memperoleh akses terhadap informasi dan pengetahuan. Perpustakaan merupakan fasilitas pendukung proses pengajaran dan pembelajaran melalui penyediaan bahan pustaka dan pelayanan yang sesuai dengan kurikulum sekolah. Dengan fasilitas perpustakaan para siswa dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Dalam manifesto IFLA (International Federation of Library Association), yang kemudian diratifikasi oleh UNESCO pada tahun 1999, dinyatakan bahwa perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide-ide yang sangat mendasar terhadap berfungsinya dengan sukses suatu masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan dewasa ini. Bagaimana pentingnya peran perpustakaan sekolah juga dapat disimak dari pernyataaan seorang mantan anggota komisi pendidikan di Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa apa yang dipikirkan oleh suatu sekolah tentang perpustakaannya adalah suatu ukuran apa yang dirasakannya tentang pendidikan.

Keuntungan yang dapat diperoleh menggunakan software untuk administratsi perpustakaan pada sekolah antara lain :

1. Pencarian buku pada perpustakaan lebih mudah dan cepat
2. Penghitungan stok lebih cepat

PERPUSTAKAAN SEKOLAH akan meminjamkan BUKU dengan berbagai jenis Buku Pelajaran, Buku Cerita, Dan Modul-Modul pembelajaran dengan ketentuan peminjaman sebagai berikut:

1. Siswa dapat meminjam buku di perpustakaan dengan cara mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu,

2. Waktu Sewa : sesuai dengan jumlah buku yang dipinjam, 1 buku dalam 1 hari
3. Denda keterambatan per hari Rp. 100,-
4. Tiap anggota akan dicatat : kode anggota, nama, kode kelas
5. Tiap anggota dapat meminjam lebih dari satu buku
6. Satu Buku dapat disewa oleh beberapa anggota

Untuk Tutorialx bisa download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar